Minggu, 25 Juni 2017

PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PPKn


TUGAS 16 OUT CLASS
(KAMIS, 30  JUNI  2017)
NAMA : LARAS AYU SETIAWATI
NIM : E1B014021
          NOMOR HP : 082341191564

PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARA PPKn
Mata pelajaran PKn sangat cocok dijadikan dasar penanaman nilai karakter karena sejalan dengan tujuan mata pelajaran PKn yaitu untuk membentuk warga negara yang baik, sehingga, mata pelajaran PKn dapat dipergunakan untuk menanamkan pendidikan nilai, moral, dan norma secara terus menerus, sehingga warga negara yang baik dapat terwujud. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menitikberatkan pada ranah afektif. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangat tepat menggunakan model value clarification technique (vct) berbantuan media gambar. PKn berada pada ranah sikap yaitu wahana penanaman nilai, moral, norma-norma baku seperti rasa sosial, nasionalisme bahkan sistem keyakinan. PKn seharusnya mampu mengeksplorasi internal side seseorang atau wilayah dalam diri seseorang, dan salah satu hasil dari internal side adalah sikap. Sikap merupakan posisi seseorang atau keputusan seseorang sebelum berbuat, sehingga sikap merupakan ambang batas seseorang antara sebelum melakukan sesuatu perbuatan atau prilaku tertentu dengan berbuat atau berprilaku tertentu. Untuk mengubah sikap inilah maka bisa menggunakan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran value clarification technique (vct).
Berkaitan dengan permasalahan yang ada di kelas XI semester I SMK 5 MATARAM, nilai karakter yang ada dalam diri siswa semakin dipertanyakan. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn yang mampu meningkatkan kesadaran nilai yang nantinya dapat membentuk sikap siswa kearah yang lebih baik, salah satu bentuk inovasi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media gambar.
Model Pembelajaran dengan cara mengklarifikasi nilai value clarification technique merupakan pengajaran untuk membentuk siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa (Sanjaya: 2006). Pada pembelajaran value clarification technique (vct) ini guru mengharapkan siswa teribat aktif dalam mengembangkan pemahaman dan pengenalannya terhadap nilai-nilai pribadi, mengambil keputusan, dan bertindak sesuai dengan keputusan yang diambil, mendorong siswa dengan pertanyaan-pertanyaan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam proses menilai, menggali dan mempertegas nilai-nilai yang dimiliki siswa.
Pada pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media gambar ini siswa akan dikelompokkan secara acak dan heterogen. Tiap-tiap kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang siswa. Setiap kelompok akan diberikan stimulus berupa media gambar dan LKS. setelah siswa mendapat stimulus berupa media bergambar dan LKS yang sudah dibagikan oleh guru, siswa ditugaskan untuk mendiskusikan media bergambar dengan teman sekelompoknya sehingga pembelajaran akan berpusat pada siswa. Setelah siswa selesai mendiskusikan dengan teman kelompoknya, guru akan menunjuk satu atau lebih anggota kelompok untuk menjawab atau membacakan hasil diskusinya. Pada saat bersamaan kelompok lainya diberi kesempatan untuk menanggapi dan memberikan penilaian terhadap jawaban atau hasil diskusi yang telah disampaikan oleh temannya. Setelah siswa selesai menjawab atau membacakan hasil diskusinya, penghargaan berupa tepuk tangan selalu diberikan kepada setiap kelompok yang menjawab atau membacakan hasil diskusinya dengan baik.
Proses pembelajaran juga akan terlaksana secara maksimal apabila didukung dengan media pembelajaran. Media pembelajaran menurut Gagne dan Reiser (dalam Sumantri dan Permana, 1998) media pembelajaran adalah alat-alat fisik dimana pesan instruksional dikomunikasikan, sedangkan Bringgs (dalam Arsyad, 1997) juga menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pelajaran. Sumantri dan Permana (1998) menyatakan secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan sebagai berikut; (1) memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk lebih memahami konsep ,prinsip, sikap dengan keterampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut karakteristik bahan; (2) memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih merangsang minat peserta didik untuk belajar; (3) menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam teknologi karena peserta didik tertarik untuk menggunakan atau mengoperasikan media tertentu; (4) Menciptakan suasana belajar yang tidak dapat dilupakan peserta didik.
Salah satu yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah media gambar. Media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika gambarnya dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan gambar yang baik, sudah barang tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, selain itu media gambar tersebut dapat dikaitkan dengan materi PKn keputusan bersama. Jika pembelajaran PKn dilakukan dengan menggunakan media gambar maka akan dapat juga menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran PKn. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media gambar akan dapat meningkatkan nilai karakter siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun, berdasarkan hasil observasi di sekolah dasar menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model value clarification technique (vct) dalam pembelajaran serta penggunaan media gambar dalam pelaksanaan proses pembelajaran belum dimanfaatkan oleh guru. Dalam proses pembelajaran PKn guru masih menggunakan metode ceramah, pemberian tugas dalam proses pembelajaran sehingga siswa sering jenuh dalam mengikuti pelajaran.

           

1 komentar:

  1. The Casino Hotel in Norwich, CT - Mapyro
    Get directions, reviews and information for 안산 출장마사지 The 정읍 출장마사지 Casino 동해 출장안마 Hotel in Norwich, CT. The Casino Hotel in Norwich, CT in realtime and see 거제 출장마사지 available road conditions  Rating: 서산 출장마사지 4.7 · ‎2,813 reviews

    BalasHapus